Robotik

153

Dilihat

Mulailah ! saat yang lain belum mulai, karena itu dekat dengan Kesuksesan, Prinsip ini menginspirasi kami untuk membentuk Eskul Robotik. Tahun 2013 adalah awal kegiatan Robotik di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan yang saat itu belum banyak yang mengeluti Roboitk, pada saat itu ada salah satu guru yang membawa Brosur Lomba Robotik, disodorkan ke kami untuk mengikuti Eskul Robotik. Bagaimana mungkin, mengirim siswa untuk ikut lomba Robotik, mengenal dan mempelajari robot aja belum. Akhirnya kami berkonsultasi dengan pimpinan mengenai event lomba tersebut dan ternyata mendapat support untuk mengikuti. Kami menghubungi penyelenggara lomba dan di janjikan untuk mendapat pelatihan gratis dan dipinjami robot untuk lomba.

Kami menawarkan ke semua siswa yang berjumlah kurang lebih 1000 siswa barang kali ada yang pernah mengikuti pelatihan rrobotik atau bahkan mungkin ikut eskul robotic saat di MI/SD, tak satupun siswa yang mau untuk menjadi wakil dalam perlombaan. Akhirnya kami mencari siswa yang unggul dalam bidang Sains , karena ilmu robotic adalah ilmu logika berfikir dan dapatlah 4 orang siswa yang bersedia mengikuti lomba.

Setelah kami mendapat pelatihan sebanyak 3 kali, lomba yang pertama diikuti adalah Kompetisi Robot Sejabodetabek yang diselenggarakan oleh Racer Robotic di Auditorium Rs. Sari Asih Serang Banten, dan luar biasa saat itu siswa MTsN 1 Kota Tangerang selatan mendapat Juara ke-3. Saat itu belum banyak sekolah yang mengikuti jadi persaingan belum terlalu ketat, selain itu baru MTsN1 Kota Tangsel dan beberapa sekolah yang ada Robotiknya. Berawal dari situ maka kepercayaan siswa-siswi semakin tinggi beberapa event lomba tingat Provinsi mulai diikuti, dan selalu mendapat juara.

Pada tahun 2014 bulan Agustus ada tawaran untuk mengikuti lomba yang bertaraf Internasional yaitu International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) lomba ini adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan di Malaysia pada bulan Desember 2014. Kami di dorong oleh pimpinan untuk mengikuti event ini, meski dari pendanaan dan peralatan masih belum memadai, akhirya kami kumpulkan orang tua siswa yang siswanya berminat untuk mengikuti lomba tersebut, dan tanpa diduga ada 7 orang tua yang siap untuk mendanai semua keperluan lomba dan juga adanya support dari Komite dan Madrasah. Kami tentu mencari pelatih yang terbaik untuk persiapan lomba tersebut, meski ini baru pertama kali MTsN 1 Kota Tangsel mengikuti Event tingkat Internasional. Tanpa diduga kami berhasil meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu, luar biasa siswa-siswa MTsN 1 Kota Tangsel.

Saat itu masih jarang madrasah yang menekuti kegiatan Robotik, dan terdengarlah Prestasi Robotik MTsN 1 Kota Kementerian Agama RI, kami di Apresiasi oleh Bapak Mentri Agama secara langsung dan siswa-siswi kami yang juara mendapat kesempatan untuk hadir di Gedung DPR/MPR saat 17 Agustus tahun 2015, serta berkesempatan diundang di Istana Bogor.

Sejak mendapat pretasi Internasional, kami di perhatikan baik dalam bentuk sarana dan prasarana maupun pelatih yang berkwalitas. Maka banyak event Nasional dan Internasional yang kami ikuti. Beberapa Event International yang kami ikuti di antaranya : Asia Junior Robot (AJR) di Malaysia, IYRO (International Youth Robot Olympiad di Singapore, IYRC (International Youth Robot Competition) di Thailand, Korea, dan World Robot Conference Competition di Beijing China, pada setiap event lomba kami hampir selalu mendapat medali.

Prestasi di penghujung tahun 2022 adalah Imran kelas 9 berhasil meraih Silver Medal dalam Kompetisi Robotic Innovation Challenge 2022 di National University Of Singapore 3-4 Desember 2022. (Imam S Pembina Robotic MTsN 1 Kota Tangsel)


PRESTASI

  1. Juara 1, Internasional Islamic School Robot Olimpiad (IISRO) di Malaysia tahun 2014
  2. Juara 1, 2, dan 3, Asian Junior Robot Cup (AJR) di Malaysia Tahun 2015
  3. Juara 1, Asian Youth Robot Olimpiad (AYRO) di Singapore Tahun 2016
  4. Juara 2, Internasional Islamic School Robot Olimpiad (IISRO) di Lombok Indonesia Tahun 2016
  5. Juara 1, Asian Junior Robot Cup (AJR) di Malaysia Tahun 2016
  6. Juara 1, Asian Youth Robot Olimpiad (AYRO) di Singapore tahun 2017
  7. Juara 1, World Robot Confrence Contest (WRC) di Beijing tahun 2018
  8. Juara 3, Festival Madrasah Robotic di Depok Jawa Barat tahun 2018
  9. Juara 1, Asian Youth Robot Olimpiad (AYRO) di Singapore tahun 2019
  10. Juara 3, Madrasah Robotic Competition di Surabaya tahun 2019
  11. Juara 1, Internasional Youth Robot Competition (Online) di Korea tahun 2019
  12. Juara 2, Madrasah Robotic Competition di Bekasi Jawa Barat tahun 2020
  13. Juara 1, Madrasah Robotic Competition di Serpong Banten tahun 2021
  14. Juara 1, Internasional Youth Robot Competition (Online) di Korea tahun 2021
  15. Juara 1, Internasional Youth Robot Competition (Online) di Korea tahun 2022
  16. Juara 3, Robotic Innovation Challenge 2022 di National University Of Singapore 3-4 Desember 2022

Pembina : Ir. Imam Sucipto, M.Pd

Info
Penulis :
Tanggal : 23 January 2024
Pembaharuan : 27 January 2024
Bagikan halaman ini
Tags