Marching Band Gita Cantika

165

Dilihat

Marching Band Gita Cantika merupakan salah satu kegiatan Ekstrakurikuler di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jalan Pajajaran No. 31 Pamulang Tangerang Selatan. Pada awal dibentuknya tahun 2005, grup marching band ini bernama Korps Putri MTsN Tangerang II Pamulang (sebelum berganti nama menjadi MTsN 1 Kota Tangerang Selatan). Diberikan nama seperti itu karena seluruh anggotanya pada saat itu adalah siswi MTsN Tangerang II Pamulang. Tujuan pembentukan grup musik ini adalah untuk memberikan wadah ekstrakurikuler yang positif bagi siswi MTsN Tangerang II Pamulang. Saat baru dibentuk, marching band ini dibina/dilatih oleh Muhammad Kamal, M.Pd. Meski dengan segala keter-batasan, beberapa kali grup ini tampil memeriahkan acara seremonial baik di dalam maupun di luar lingkungan madrasah.

Semangat luar biasa yang selalu ditampilkan oleh tim setiap kali tampil di luar lingkungan madrasah membangkitkan sebuah optimisme pelatih bahwa di kemudian hari tim ini akan menjadi besar. Keyakinan ini terus bertambah manakala tim ini tampil dalam acara HUT Kota Tangerang Selatan. Ada beberapa tim lain yang juga turut serta dalam acara tersebut. Banyak kelebihan tim ini dibandingkan dengan tim lainnya saat itu. Tim ini memiliki jumlah personil hampir dua kali lipat banyaknya dari tim-tim lain yang tampil, semangat dan teknik bermusik pun melebihi yang lainnya.

Sadar akan kelebihan-kelebihan tersebut, pada bulan Juli 2007 pengembangan terhadap tim ini mulai dilakukan. Diawali dengan pembelian beberapa unit perkusi untuk mengganti alat lama yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Keseluruhan alat baru tersebut pertama kali digunakan saat tim memeriahkan Upacara Peringatan HUT RI Ke-62 di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan. Pada kesempatan itu pula, nama Korps Putri MTsN Pamulang resmi berganti nama menjadi Marching Band Gita Cantika dan 17 Agustus 2007 ditetapkan sebagai hari lahir Gita Cantika.

Nama Gita Cantika diberikan oleh pembina/pelatih pertama tim ini (Muhammad Kamal, M.Pd). Pemberian nama tersebut terjadi bukan tanpa sebab. Setelah mencoba selama tiga tahun (2005-2007), rekrutmen anggota baru Marching Band di setiap awal tahun ajaran selalu didominasi siswa perempuan. Kalau pun ada siswa laki-laki yang berminat hanya 2-5 orang saja dan pada akhirnya mengundurkan diri karena kalah banyak dari siswa perempuan. Pemberian nama “Cantika” untuk mempertegas kembali bahwa keseluruhan anggota tim ini adalah perempuan.

Pada awal 2009, Gita Cantika kembali melengkapi peralatannya. Meski belum semua kebutuhan alat dapat dipenuhi, Pembina mulai merencanakan program prestasi. Hal pertama yang dilakukan adalah mencari informasi berkaitan dengan pelatih profesional yang bisa mengantar tim ini mengikuti kejuaraan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pertengahan 2009, pengembangan sistem kepelatihan mulai dilakukan. Didatangkanlah 6 orang pelatih nasional yang memiliki track record membawa tim-tim yang pernah dilatihnya menjadi juara nasional. Mereka antara lain: Agus Mulyadi (Koreografer), Afdhal Zikri (Music Arranger), Erlitta Oktavianty (Pelatih Pit Instrument), Hendra Kurniadi (Pelatih Perkusi), Mirwan (Pelatih Colour Guard), Rahimansyah (Pelatih Brass).

Rekrutmen pelatih baru dikuatkan pula dengan sebuah “kontrak prestasi”, yang memberikan jaminan bahwa Gita Cantika akan meraih prestasi di setiap lomba yang diikutinya. Dan selanjutnya, pembinaan difokuskan pada persiapan Gita Cantika menuju Kejuaraan Nasional Marching Band. Sebuah rencana yang semula hanya “impian” belaka dan kemudian berubah menjadi nyata.


PRESTASI

  1. Juara 1 Darunnajah Marching Competition (DMC) Tahun 2010 Piala Wakil Presiden Republik Indonesia.
  2. Juara 1 Grand Prix Junior Band (GPJB) Tahun 2011 Piala Presiden Republik Indonesia
  3. Juara 1 Grand Prix Junior Band (GPJB) Tahun 2012 Piala Presiden Republik Indonesia
  4. Juara 1 Divisi 1 Grand Prix Marching Band (GPMB) Tahun 2013 Piala Presiden Republik Indonesia
  5. Juara 2 Percussion Ensemble Bandung Marching Band Competition (BMBC) Tahun 2014 Piala Wali Kota Bandung
  6. Juara 1 Guard Contest (Scholastic Class) Winter Guard International (WGI) Surabaya Tahun 2016 Piala WGI Indonesia
  7. Juara 2 Guard Contest (Independent Class) Winter Guard International (WGI) Kuala Lumpur Malaysia Tahun 2017 Piala WGI Malaysia
  8. Juara 1 Brass Band Bandung Marching Band Competition (BMBC) Tahun 2018 Piala Wali Kota Bandung
  9. Juara 1 Percussion Contest Bandung Marching Band Competition (BMBC) Tahun 2018 Piala Wali Kota Bandung
  10. Juara 1 Ensemble Competition Grand Prix Marching Band (GPMB) Tahun 2019 Piala Presiden Republik Indonesia
  11. Juara 2 Color Guard Contest Grand Prix Marching Band (GPMB) Tahun 2019 Piala Presiden Republik Indonesia

Pembina : Muhammad Kamal, M.Pd

Info
Penulis :
Tanggal : 23 January 2024
Pembaharuan : 09 February 2024
Bagikan halaman ini