Bolehkah Mengisi Liburan Dengan Bermain Games?

131

Dilihat

Teknologi zaman sekarang telah sangat berkembang dibandingkan teknologi pada zaman dahulu. Contoh teknologi zaman sekarang ialah internet. Internet menjadi peran penting dalam pemrograman game online atau permainan online. Zaman sekarang sering sekali kita lihat orang-orang mengisi liburan mereka dengan memainkannya. Fenomena seperti ini memunculkan dua pendapat yang berseberangan. Ada yang mengatakan bermain game online itu dapat meredakan stress, ada juga yang mengatakan bahwa bermain game online itu hanya membuang-buang waktu saja. Jadi, manakah yang benar? Benarkah bermain game online dapat meredakan stress ataukah hanya membuang-buang waktu saja?
Selama ini, bermain game online yang oleh sebagian orang sering dianggap sebagai kegiatan yang hanya membuang-buang waktu saja, tidak ada manfaatnya sama sekali. Namun pada kenyataannya, ada jenis game tertentu, yang dapat melatih kita untuk meningkatkan kerja sama tim dalam menyusun strategi untuk mencapai kemenangan. Hal ini tentu tidak bisa dikatakan sia-sia, jiwa kerjasama dalam tim untuk mencapai target tertentu, sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Selain itu, bermain game membuka peluang kita bermain dengan banyak orang, dengan orang asing sekali pun. Dengan demikian, kita dapat memperbanyak teman, meningkatkan skill public speaking kita, dan juga kita dapat belajar bahasa asing. Berikutnya, bermain game online juga dapat meningkatkan kreativitas, di samping itu, bermain games untuk mengisi liburan juga dapat me-refresh pikiran kita.
Hal positif lain dari bermain game adalah kita juga dapat menambah ilmu pengetahuan dari game tersebut. Banyak game yang berlatar pengetahuan, seperti sejarah, olah raga, dan sebagainya. Bermain games juga dapat mempererat hubungan sesama keluarga, apabila permainannya dilakukan bersama dengan anggota keluarga.
Sekarang ini, bermain games dapat meningkatkan prestasi kita. Seperti contohnya dengan mengikuti kompetisi atau perlombaan dari games tersebut. Jika kita memenangkan kompetisi tersebut, sertifikat atau piagam penghargaan yang kita dapatkan bisa dijadikan portofolio untuk mendaftarkan diri ke sekolah lanjutan. Bahkan dengan bermain game online juga dapat meningkatkan popularitas kita, pada akhirnya kita dapat memanfaatkan popularitas tersebut untuk menghasilkan uang dengan membuat konten-konten seputar games yang kita mainkan di sosial media.
Meskipun banyak sekali hal positif yang kita dapatkan dari bermain game online, akan tetapi bermain game online secara berlebihan dapat merusak indera pengelihatan kita. Segala sesuatu kalau di;lakukan secara berlebihan tentu ada dampak negatifnya. Mengisi liburan dengan bermain game tentu boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Banyak hal positif lain yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan tidak hanya dengan bermain game, misalnya dengan bermain permainan tradisional bersama teman atau keluarga. Sesuatu yang tidak membutuhkan modal banyak, tetapi banyak manfaatnya.

Info
Penulis : M. Fardhan Dzaky
Tanggal : 15 May 2024
Pembaharuan : 15 May 2024
Bagikan halaman ini
Tags